Custom VS Modifikasi, Beda?



Motortuaindo.com - Bro-bro pecinta motor-motor tua, susah nggak untuk merawat sang buah hati? Si motor kesayangan  banyak  keluhan atau kadang rewel? Hmmm jika mengalami hal serupa, jangan mengeluh dan kecewa. Itulah seni dalam bermain motor tua. Sabar...sabar..bakar.. heheheee

Halah, cuman bercanda nggak boleh emosi sampai segitunya. Jika ingin meminimalisir keluhan dalam bermain motor klasik ya paling gampang memodifikasinya. Dan banyak orang melakukan hal ini. Memodifikasi dengan kanibal mesin, misalnya yamaha Scorpio atau Tiger jadiin gaya CB.

Namun, tidak semua orang senang akan hal itu, mereka beranggapan motor modifikasi kurang original atau authentik. Ya memang semua itu kan pilihan atau opsi untuk mensiasati sulitnya merawat motortua.

Kalau mau yang lebih extrem, salah satunya bangun motor custom. Disini, problematika utamanya adalah terbentur masalah biaya dan waktu. Butuh biaya tidak sedikit dan waktu yang cukup lama bisa sampai bulanan bahkan tahunan.

Nah brother, ngomong-ngomongin masalah custom dan modifikasi, tahukah kalian apa perbedaanya? Sekilas dari beberapa obrolan ngalor-ngidul temen-temen ternyata banyak yang masih belum faham. Banyak yang terbalik-balik dalam penggunaan istilahnya. Benarkah demikian?

OK, mari kita telaah satu-persatu. Secara harfiah motor custom diartikan sebagai  a motorcycle with stylistic and/or structural changes to the 'standard' mass-produced machine offered by major manufacturers (wikipedia). Kurang lebih artinya sebuah kendaraan (motor) yang dibangun dan dirubah pada bagian kerangka ( sturuktur ) atau modelnya dari standar motor yang didesign oleh pabrik pada umumnya.

Sedangkan modifikasi berasal dari kata dasar "modifi" yang artinya make partial or minor changes to (something), typically so as to improve it or to make it less extreme (google dictionary). Secara tidak langsung motor modifikasi dapat diterjemahkan sebagai sebuah motor yang dibuat dengan hanya merubah bagian/part secara minor, tidak terlalu ekstrim.

Terus bedanya apa? dua-duanya juga merubah motorkan, terus mesinnya?

Jangan kuatir brother bagi yang masih bingung, kita telisik lebih lanjut dari sumber referensi lain. Dicatut dari otomotif metronews.com, Lulut seorang builder dari Retro Classic Cycles Jogja mengatakan bahwa kalau motor modifikasi itu merupakan motor yang dibuat sedemikian rupa tanpa merubah bentuk aslinya. Bahasa kasarnya hanya dipoles sana-sini.

Motor modifikasi (liputan6.com)
Berbeda dengan motor modifikasi, kalau custom bike yaitu memodifikasi motor secara frontal atau mayor. Membangun beberapa part sendiri jadi seperti membuat motor dengan bentuk benar-benar baru tetapi biasanya masih menggunakan mesin gelondongan pabrik.

BMW Custom ( 4ever2wheel.com)
Jadi, inti dari perbedaan mendasar  modifikasi dan custom adalah kuantitas atau banyaknya bagian motor yang dirubah. Dengan kata lain perubahan mayor vs minor atau ekstrim dan biasa. Dua-duanya masih menggunakan mesin pabrik. Kalau ada yang mengatakan custom itu harus motor buatan sendiri dari mesin hingga jadi motor, dimaklumi saja. Bukan salah tetapi kurang referensi mereka.

Gimana brother? ada yang kurang atau tidak setuju, boleh sharing unek-uneknya pada kolom komentar. Salam motortua, lawas anti karat...

Baca juga:

Labels: , , ,